This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Penyebab & gejala batu ginjal - Tips Kesehatan

baca96.blogspot.com - Batu ginjal adlh batu yg terbentuk di sekitar saluran kemih dan ginjal yg akan menimbulkan rasa nyeri bahkan bisa menyebabkan pendarahan, infeksi dan penyumbatan saluran kemih, gejala awal biasanya ditandai dgn adanya sakit sekitar pinggang.

Banyak hal yg dpt mempengaruhi terjadinya sakit pinggang misalnya stres, kebiasaan makan / minum yg tak sehat, gaya hidup, aktifitas sehari-hari, duduk terlalu lama, mengangkat beban yg berat, dan masih banyak faktor lainnya.

Penyakit sakit pinggang kadangkala kita alami tanpa kita tahu penyebabnya tapi kita jangan pernah menganggap enteng keadaan ni karena bisa saja penyakit pinggang yg kita alami adlh merupakan penyakit yg serius seperti batu ginjal.
Penyebab & gejala batu ginjalBeberapa gejala yg timbul saat seseorang mengalami batu ginjal diantaranya:
  • Timbulnya rasa nyeri disekitar bawah tulang punggung agak kesamping dan rasa sakit akan terasa ke bawah perut lalu ke lipat paha dan daerah kemaluan.
  • Rasa sakit bisa saja terjadi secara tiba-tiba dan jika keadaan sangat berat rasa sakit akan sangat luar biasa bahkan bisa sampai berguling-guling untk menahan rasa sakit tersebut.
  • Biasanya saat buang air kecil jg rasa nyeri akan timbul dan intensitas buang air kecil akan menjadi lebih sering dari biasanya.
  • Urin akan beraroma lebih bau dari biasanya serta warna urin akan menjadi berubah warna seperti berwarna merah muda, coklat / merah.
  • Biasanya rasa nyeri tersebut akan disertai dgn timbulnya rasa mual.
  • Jika saat mengalami batu ginjal disertai dgn terjadinya infeksi maka tubuh akan menjadi demam dan menggigil.
Beberapa penyebab terjadinya batu ginjal adlh :
  • Banyaknya jumlah kalsium dari berbagai makanan yg kita makan lalu terserap dan masuk dlm ginjal dan saluran kemih membentuk batu kalsium.
  • Meningkatnya kadar asam urat di dlm urin pd penderita asam urat sehingga meningkatkan resiko terbentuknya endapan asam urat sehingga membentuk batu asam urat.
  • Kurang minum air putih dpt membuat urin menjadi pekat sehingga lama-kelamaan kadar garam dlm urin akan membentuk kristal / batu dlm saluran kemih.
  • Asupan kalsium yg berlebihan dlm tubuh sehingga seiring berjalannya waktu akan membentuk batu ginjal.
  • Sering menahan kencing selain bisa membuat infeksi saluran kemih jg jika sering dilakukan untk jangka waktu panjang dpt memicu timbulnya batu ginjal.
Beberapa tips untk mengatasi terjadinya batu ginjal diantaranya:
  • Sering-seringlah minum air putih, dgn rutin mengkonsumsi air putih tiap hari sebanyak 8 gelas akan mengurangi resiko terjadinya batu ginjal selain itu dgn banyak minum air putih batu ginjal yg berada di saluran kemih dan ginjal akan terkikis sehingga memperlancar dlm proses pembuangan air kemih.
  • Mengurangi kebiasaan mengkonsumsi minuman bersoda, bagi anda yg senang mengkonsumsi minuman bersoda sebaiknya berhati-hati karena minuman yg mengandung soda tinggi akan meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal.
  • Sebaiknya membatasi kebiasaan mengkonsumsi daging, kandungan protein hewani yg terdapat dlm daging ternyata dpt meningkatkan terjadinya pembentukan batu ginjal.
  • Mengurangi mengkonsumsi makanan yg tinggi akan kandungan garam serta kalsium akan sangat berpengaruh dlm menurunkan resiko terkena batu ginjal.
  • Usahakan untk tak terlalu sering menahan kencing dgn alasan apapun.

Itulah artikel mengenai gejala dan penyebab batu ginjal dlm tubuh yg perlu diwaspadai karena kadangkala batu ginjal yg masih kecil tak begitu terasa gejalanya sehingga seringkali tak dianggap serius tapi jika sudah sangat parah akan merasakan sakit yg luar biasa, karena itu jika merasakan gejala yg disebutkan di atas sebaiknya perisakan ke dokter secepatnya dan banyaklah minum air putih, kurangi mengkonsumsi makanan yg mengandung banyak gula dan garam dan hindari duduk terlalu lama serta biasakan untk selalu melakukan gaya hidup sehat.
Semoga bermanfaat.

Simak jg artikel sebelumnya: Gejala dan penyebab katarak

0 Response to "Penyebab & gejala batu ginjal - Tips Kesehatan"

Posting Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *